PENAWARAN

1.Pengertian Penawaran
    Sadar atau tidak sadar, hampir semua barang yang kita gunakan adalah produksi orang lain atau pihak lain. Banyak peralatan atau pakaian yang kita miliki diproduksi di lain kecamatan, lain provinsi, bahkan lain negara. Penawaran tidak mempersonalkan jauh dekatnya produsen, tetapi mempersonalkan kuantitas barang yang di tawarkan berkaitan dengan variabel harga. Dengan kata lain penawaran (supply) adalah kuantitass barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).

2.Hukum Penawaran
    Selain faktor harga, penawaran pun di pengaruhi oleh beberapa faktor lain. Misalnya, harga dan bahan baku, tingkat teknologi, jumlah produsen dipasar, serta harapan atau perkiraan. Namun demikian, seperti halny dalam permintaan, kita tidak dapat memahami pengaruh semua variabel tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, untuk memudahkan analisis, para ekonom biasanya memisahkan faktor-faktor tersebut dan menganalisisnya secara terpisah.
    Diantara faktor diatas, harga dianggap memainkan peran yang sangat penting dan menjadi acuan dalam melakukan analisis penawaran. Contohnya :
Pada harga Rp1.000 per kg. Toko buah segar hanya bersedia menjual jeruk sebanyak 20 kg. Sekarang, katakanlah harga naik menjadi Rp2.000 per kg. Toko buah segar bersedia menambah penawarannya menjadi 30 kg. Begitu seterusnya sampai Rp5.000 per kg. Toko buah segar makin berani menawarkan kuantitas jeruk makin tinggi, yaitu 60 kg. Semakin tinggi harga, semakin tinggi pula kualitas jeruk yang ia tawarkan. Hal ini jelas karena keuntungan yang didapat semakin tinggi. Toko buah segar pun semakin giat mencari jeruk dari petani jeruk untuk ia jual kembali.
Sekarang katakanlah harga jeruk tiba-tiba turun dari Rp5.000 per kg menjadi Rp2.000 per kg. Pada tingkat harga yang rendah ini, toko buah segar hanya bersedia menjualnya sebanyak 30 kg. Ia berpikir lebih baik buah jeruk tersebut disimpannya didalam lemari pendingin untuk dijual nanti ketika harga meningkat lagi.
Dalam ilustrasi tersebut kita ketahui bahwa harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Semakin tinggi harga, semakin tinggi pila kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah harga barang dan jasa, semakin rendah pula kuantitas barang dan jasa tersebutyang ditawarkan. Terlihat disini bahwa ada hubungan searah antara tingkat hanrga dan jmlah barang dan jasa yang ditawarkan. Fenomena ini pada intinya merupakan isi dari hukum penawaran. Secara lebih jelas hukum penawaran berbunyi :“apabila harga suatu barang dan jasa miningkat, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa memnurun, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan semakin menurun, ceterisparibus.”

3.kurva penawaran
Sebelumnya kita harus mengetahui tentang kuantitas yang ditawarkan (quantity supplied), tabel penawaran ( supply schedule), dan kurva penawaran (supply curve).
Tabel penawaran adalah tabel yang menunjukan kuantitas suatu barang dan jasayang ditawarkan selama periode tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan. Informasi yang disajikan dalam tabel penawaran tersebut selanjutnya dapat digambarkan dalam sebuah kurva yang dinamakan kurva penawaran. kurva penawaran menyajikan secara grafis tabel penawaran.
Kurva penawaran oleh para ekonom biasanya lebih memfokuskan pada penawaran secara keseluruhan dipasar (toko buah X,Y,Z,dan lain-lain). Lalu bagaimana? Sama seperti dalam permintaan pasar, penawaran pasar terhadap suatu barang dan jasa pada dasarnya adalah penjumlahan dari kuantitas yang ditawarkan oleh produsen yang ada di pasar, pada periode dan harga tertentu. Sekarang mari kita perhatikan tabel di bawah ini dan tabel tersebut kita sederhanakan bahwa pasar terdiri dari toko buah segar,toko buah harum, dan toko buah manis.

PENAWARAN PASAR
Kuantitas penawaran pasar merupakan penjumlahan dari kuanitas yang ditawarkan oleh seluruh produsen di pasar. Misalnya, pada harga Rp4.000, penawaran toko buah segar adalah 50 kg  jeruk,toko buah harum 25 kg, dan toko buah manis 9 kg. Dengan demikian, penawaran pasar pada tingkat harga Rp4.000, adalah 84 kg.




Harga
per kg
Kuantitas penawaran
Pasar
total
Toko Buah Segar
Toko Buah Harum
Toko Buah Manis
A
Rp5.000
60
30
12
102
B
Rp4.000
50
25
9
84
C
Rp3.000
40
20
6
66
D
Rp2.000
30
15
3
48
E
Rp1.000
20
10
0
30


4.Pergeseran kurva penawaran
Seperti halnya permintaan, penawaran tidak saja dipengaruhi oleh harga.  Diantaranya adalah harga barang dan jasa lain yang terkait, harga bahan baku, tingkat teknologi,jumlah produsen,serta ekspektasi atau harapan produsen. Pengaruh yang diakibatkan oleh perubahan faktor-faktor ini pada penawaran adalah bergesernya kurva penawaran kekiri atau kekanan.
Misalkan, suatu ketika terjadi peningkatan kuantitas jeruk yang ditawarkan, padahal harga jeruk tetap. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh meningkatnya jumah petani jeruk, atau ditemukannya teknplogi baru yang dapat meningkatkan produksi jeruk, atau karena menurunnya biaya pupuk atau obat-obatan.
Perubahan tersebut akan menghasilkan sebuah kurva permintaan baru. Perhatikan contoh dibawah. Bahwa memperlihatkan pergeseran kurva penawaran jeruk akibat perubahan faktor-faktor tadi. Kita lihat bahwa pada setiap tingkat harga, kuantitas jeruk yang ditawarkan menjadi lebih besar. Kurva penawaran awal,S1, bergeser kekanan menjadi S2,sebagai contoh pada harga Rp6.000 per kg, kuantitas jeruk yang ditawarkan meningkat dari 50 kg (titik A) menjadi 70 kg (titik A’).
Penawaran jeruk bisa juga mengalami penurunan, meskipun harganya tetap. Hal ini misalnya diakibatkan oleh menurunnya jumlah petani jeruk, hama penyakit yang menyerang, meningkatnya biaya pemeliharaan dll. Jika hal ini terjadil situasinya digambarkan oleh tabel dan kurva dibawah ini. Dari gambar terlihat bahwa kurva penawaran bergeser ke kiri, yaitu dari S1 ke S2. Kuantitas jeruk yang ditawarkan pada harga Rp6.000 per kg menurun dari 50 kg (titik A) menjadi 30 Kg (titik A”).
Peningkatan penawaran
Penurunan penawaran
Harga per kg
Kuantitas awal yang ditawarkan (kg)
Kuantitas baru yang ditawarkan (kg)
Harga per kg
Kuantitas awal yang
ditawarkan (kg)
Kuantitas baru yang ditawarkan (kg)
Rp4.000
30
50
Rp4.000
30
10
Rp5.000
40
60
Rp5.000
40
20
Rp6.000
05
70
Rp6.000
05
30
Rp7.000
60
80
Rp7.000
60
40
Rp8.000
70
90
Rp8.000
70
50
Rp9.000
80
100
Rp9.000
80
60
(a)

(b)
   

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

a.kemajuan teknologi
    kemajuan teknologi dapat mempengaruhi kombinasi input serta jenis input yang diperlukan dalam proses produksi.peningkatan teknologi selalu mengandung arti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit atau biaya input yang dibutuhkan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, maka produsen terdorong untuk meningkatkan output pun meningkat. Oleh karena itu, peningkatan teknologi produksi akan mendorong kurva penawaran ke kanan.

b.Biaya produksi
naik-turunya biaya produksi juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Misalnya, meningkatnya upah pekerja menyebabkan biaya produksi meningkat. Jika peningkatan biaya sangat tingg, produsen cenderung mengurangi produksi sehingga menurunkan penawaran. Sebaliknya, jika suatu saat biaya bahan baku misalnya menurun, produsen dapat membeli lebih banyak bahan baku untuk memproduksi barang dan jasa,Oleh karena itu, penawaran bertambah
.
c.persediaan sarana produksi
    masalah ekonomi timbul karena tidak seimbangnya sumber daya produksi dibandingkan dengan yang dibutuhkan. Demikian juga halnya dengan produksi. Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran berass pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyaknya lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.

d.peningkatan jumlah produsen
    jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka hal ini akan mendorong pemodal-pemodal baru memiliki usaha tersebut.  Contoh, jika pertanian jeruk dianggap menguntungkan, banyak pihak lain yang beralih profesi menjadi petani jeruk. Dengan bertambahnya produsen baru ini, maka penawaran jeruk akan bertambah. Kurva penawaran bergeser kekanan.

e.Peristiwa alam
    alam bagi kehidupan manusia tidak selalu memberikan keuntungan, tetapi bisa juga mendatangkan kerugian. Jika terjadi bencana alam seperti banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan, hasil panen padi berkuran derastis. Kejadian-kejadia seperti ini akan mempengaruhi penawaran barang.

f.Ekspektasi atau harapan produsen
    seperti halnya konsumen, produsen pun mempunyai harapan atau ekspektasi akan situasi masa depan. Jika produsen memperkirakan bahwa situasi perekonomian satu tahun mendatang akan membaik. Maka pada saat ini mereka memproduksi lebih banyak barang dan jasa untuk di jual. Sebaliknya jika mereka memerkirakan bahwa situasi perekonomian akan memburuk di masa datang, mereka cenderung tidak meningkatkan produksi.

g.Harga barang dan jasa lain
beberapa barang dan jasa ada yang bersifat melengkapi, ada yang bersifat subtitusi. Jika harga komputer PC meingkat, penawaran komputer PC meningkat. Hal ini selanjutnya akan mendorong produsenn untuk meningkatkan pula penawaran untuk disket,printer,meja komputer, atau berbagai barang yang menjadi pelengkap komputer. Oleh karena itu, ketika harga komputer meningkat , penawaran aksesorisnya pun meningkat, meskipun harga barang –barang ini tidak berubah. Hal ini menyebabkan kurva penawaran barang-barang tersebut bergeser kekanan.

5.Fungsi penawaran
    Fungsi penawaran adalah fungsi yang menunjukan hubungan antara harga barang/jasa dan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Secara matematis, fungsi penawaran ditulis sebagai berikut :

QS =f(PS)
= a + b PS
Dimana :
QS = kuantitas penawaran
PS= harga barang atau jasa
a , b = konstanta


    tanda positif pada koefisienPmenunjukan bahwa tingkat kuantitas penawaran hubungan positif dengan tingkat harga. Hal ini sesuai dengan hukum penawaran yang telah dijelaskan sebelumnya.
    Sama halnya dengan fungsi permintaan, fungsi penawaran juga di buat dengan menggunakan bentuan kurva penawaran dengan rumus sebagai berikut :


Dimana :
P1 dan Q1 = harga dan kuantitas awal
P2 dan Q2 = harga dan kuantitas akhir
PS dan QS = harga dan kuantitas penawaran

Misalnya, perhatikan kurva bawah ini. Kurva tersebut menunjukan bahwa telah terjadi kenaikan penawaran karena terjadi kenaikan harga.


Berdasarkan kurva tersebut, diperoleh informasi sebagai berikut :
P1 = 2        P2 = 3
Q1 = 10        Q2 = 15
Kemudian, dengan menggunakan rumus sebelumnya. Diperoleh fungsi permintaan sebagai berikut :

Comments (1)

On 18 September 2016 pukul 20.25 , Unknown mengatakan...

thanks gan...