A.    PRINSIP EKONOMI
1.    Pengertian Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi dapat diartikan dengan tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimum dengan pemanfaatan biaya tertentu. Atau dengan factor produksi tertentu berusaha mendapatkan hasil produksi yang maksimal.
Prinsip ekonomi didorong oleh factor kelangkaan, maka factor-faktor produksi yang ada harus digunakan semaksimal mungkin dalam rangka menghasilkan barang dan jasa.
2.    Politik Ekonomi
Politik adalah upaya ingin mempebaiki kehidupan masyarakat. Jadi sebenarnya secara murni orang berpoltik tujuannya adalah memperbaiki keadaan.
Politik Ekonomi adalah kebijakan yang dijalankan untuk memperbaiki keburukan ekonomi yang sedang belangsung. Contoh : untuk memperbaiki inflasi maka pemerintah atau pemegang otoritas monoter dalam hal ini bank Indonesia akan melaksanakan politik ekonomi yang disebut politik monoter. Politik monoter yang dijalankan untuk menekan laju inflasi adlah menaikan diskonto,melaksankan operasi pasar terbuka, da meningkatkan cadangan umum bank-bank komersial.

B.    MOTIF EKONOMI
1    Pengertian Motif Ekonomi
Motif Ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya memproduksi suatu barang atau menjlankan sebuah perusahaan.
Akan tetapi yang jelas motif ekonomi mula-mula adalah dorongan untuk kesejahteraan diri-sendiri dan keluarga.
a.    Motif Ekonomi Individu
Motif ekonomi individu adalah ingin meningkatkan taraf hidup.misalnya makan dengan menu tahu dan tempe, sekarang setelah bekerja ingin makan menu daging, buah segar, dan makanan lainnya.
b.    Motif Ekonomi Perusahaan
Perusahaan memilki 3 motif Ekonomi yaitu :
i    Motif Mencari keuntunga
Setiap perusahaan termotivasi melakukan kegiatan adalah dalam rangka mencari keuntungan. Dengan kata lain, perusahaan selalu berorientasi pada keuntungan. Keuntungan inilah yang menjadi motor penggerak dalam menjalankan usaha.
ii    Motif Memproduksi Barang
Dalam rangka menang dalam persaingan, perusahaan memiliki motif untuk memproduksi barang dengan harga murah tetapi mempunyai mutu tinggi.
iii    Motif Menjaga Kontinuitas perusahaan
Perusahaan didirikan dalam waktu yang tidak terbatas, tetapi perusahaan terap ada jika kedinambungannya dijaga yaitu dengan memiliki laba. Dengan demikian, pihak-pihak yang ada diperusahaan tetap dapat melaksankan aktivitasnya.

Comments (1)

On 19 Januari 2014 pukul 16.18 , johan supriyanto mengatakan...

definisi Prinsip ekonomi?