PELAKU EKONOMI



1.Pelaku Ekonomi.
Dalam ilmu ekonomi pelaku ekonomi terdiri dari :

a.    Rumah tangga keluarga
Ada dua peran yang dimainkan oleh rumah tangga keluarga dalam kegiatan eknomi. Pertama adalah sebagai konsumen. Sebagai konsumen rumah tangga keluarga membeli barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain sebagai konsumen juga sebagai jasa factor produksi. Contohnya tenaga kerja,tanh dan modal.

b.    Rumah tangga produsen

Rumah tangga produsen atau sering disebut sebagai perusahaan, merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis dari faktor-faktor produksi yang bertujuan mencari laba atua memberi layanan kepada masyarakat.
    Dilihat dari kepemilikikannya, perusahaan dapat dibedakan atas perusahaan milik Negara dan perusahaan milik swasta. Perusahaan negra umumnya menekan layanan kepada masyarkat tanpa tujuan mencari laba. perusahaan swasta dan perusahaan Negara yang berbentuk persero hampir sebagian besar bertujuan mencari laba.

c.    Pemerintah
Pemerintah juga ikut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tugas ini juga diwujudkan dengan berbagai tindakan antara lain membangun sarana dan prasarana umum seperti jlan raya,jembatan,terminal, dan taman umum. Pemerintah juga berusah menciptakan kondisi yang baik untuk berusaha dengan menjaga stabilitas harga-harga dan memberlakukan peraturan yang mendorong iklim berusaha. Peran pemerintah lainnya yang tak kalah penting adalah melakukan distribusi pendapatan agar tidak timbul jurang pemisah yang terlalu lebar antara si kaya dan si miskin.

d.    Masyarakat luar negeri
Masyarakat luar negeri juga merupukan pelaku ekonomi yang p erlu diperhitungkan. Tanpa hubungan dengan masyarakat luar negeri keadaan ekonomi akan semakin buruk.
Keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari kerjasama dengan masyarakat luar negeri :
•    Pemerintah dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai pambangunan.
•    Hasil bumi dan hasil kerajinan dapat diekspor untuk dapat mendapatkan devisa.
•    Memungkinkan pengiriman tenaga kerja untuk bekerja diluar negeri.
•    Memungkinkan dilakukannya alih teknologi maju dari masyarakat luar negeri yang sangat bermanfaat bagi Negara yang sedang membangun.
•    Memungkinkan suatu Negara untuk melakukan impor berbagai barang kebutuhan kosumsi dan barang-barang modal untuk menunjang pembangunan.


2.INTERAKSI ANTA PELAKU EKONOMI
    Dalam melakukan kegiatan ekonomi,keempat pelaku ekonomi yan sudah kita bicarakan tadi saling berinteraksi satu sama lain sesuai dengan ragam transaksi yang dilakukan.
Rumah tangga keluarga membeli barang-barang konsumsi dari rumah tangga produsen. Sebaliknya, rumah tngga produsen membeli factor-fktor produksi dari rumah tangga keluarga. Perusahaan membayar pajak kepda pemerintah atau sebaliknya pemerintah membangun berbagai sarana dan prasarana umum yang kesemuanya untuk kepentingan rumah tangga keluarga dan produsen. Rumah tangga keluarga,produsen, dan pemerintah mengekspor barang keluar negeri. Sebaliknya, dari masyarakat luar negeri kita juga mengimpor barang.

Comments (0)